Manusia Pertama Pengguna Tangan Robot Tercanggih

Ditulis oleh: - -

Seorang remaja berusia 16 tahun yang kehilangan lengan dan kaki semenjak bayi, Patrick Kane, sekarang telah menjadi orang pertama di Inggris yang memakai tangan bionic yang sangat canggih dan dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone.




Patrick sekarang memakai I-Limb Ultra Revolution, tangan bionic ini dapat dikendalikan melalui aplikasi iOS yang memungkinkan penggunanya untuk mangatur cengkeramannya.

Patrick dengan lengan robot ini dapat menggerakan lima jari dengan leluasa, bahkan ibu jarinya bisa berputar pada prostetik.  I-Limb Ultra Revolution adalah teknologi tercanggih dari Touch Bionics, perusahaan asal Skotlandia.

Remaja laki-laki dari London ini telah kehilangan semua jari di tangan kirinya setelah tertular septikemia meningokokus ketika dia masih bayi berusia 9 bulan. Akhirnya, dokter juga terpaksa mengamputasi kaki kanan Patrick pada bagian di bawah lutut.

Kemampuan aplikasi pada tangan bionic ini memungkinkan penggunanya memilih dari berbagai 24 grip yang berbeda pada sentuhan tombol. Aplikasi ini juga dapat menawarkan pelatihan tentang cara terbaik untuk menggunakan.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukannya :
Bisa memegang gelas.
Dapat digunakan untuk memegang satu lembar kertas, menghubungkan tali sepatu atau memakai dasi, bahkan cukup kuat untuk menahan ketegangan bobot 90kg.
Mudah melakukan pekerjaan yang rumit seperti mengikat tali sepatu.
Versi terbaru dari lengan robot I-Limb memang sangat canggih dan dapat dikontrol melalui sebuah aplikasi pada smartphone.
Patrick mengatakan :
“Aku hanya punya waktu selama 24 jam untuk memakai lengan robot i-limb ultra revolution dan itu tidak begitu banyak bagi saya untuk melakukan hal-hal baru, tetapi ke depan saya optimis untuk bisa melakukan hal-hal baru yang lebih lancar dan alami”.