Bersiap, Akan Ada Gerhana Matahari Cincin Hari Ini

Ditulis oleh: - -

Bisa dipastikan hari ini, Jum'at (10/5), sebagian wilayah di Indonesia dapat menyaksikan gerhana Matahari. 




Moedji Raharto, Astronom ITB, mengatakan, gerhana Matahari tersebut merupakan gerhana Matahari Cincin. Namun, kata dia, masyarakat Indonesia hanya dapat menyaksikan sebagian dari gerhana matahari ini.
"Karena jalur gerhana Matahari cincin tidak melewati wilayah Indonesia. Jalur gerhana Matahari Cincin tersebut melewati Australia dan sebagian besar berada di samudera Pasifik," ungkap Moedji.
Dia juga berucap, selama gerhana Matahari berlangsung, diameter sudut Matahari lebih besar dari diameter sudut Bulan.

Bahkan tutur dia, di sebagian kota dalam wilayah Indonesia, hanya menyaksikan momen gerhana Matahari Sebagian (GMS) dengan selang waktu yang berbeda dari satu kota ke kota lainnya. 
"Di Yogya misalnya pada waktu Matahari terbit dalam keadaan gerhana dan pada akhir gerhana Matahari pada jam 06:27 wib, tinggi Matahari hanya 11 derajat," ungkapnya.
Di Bandung pada waktu Matahari terbit dalam keadaan gerhana dan pada akhir gerhana Matahari sebagian pada jam 06:27 wib, namun kedudukannya lebih rendah hanya 8 derajat, di Ternate GMS dimulai jam 04:50 wib, tinggi Matahari sekitar 6 derajat dan ketika GMS berakhir pada jam 06:45 wib, ketika ketinggian Matahari mencapai +33 derajat.