Fenomena Awan Unik yang Sangat Menakjubkan

Ditulis oleh: - -

Iklim di antar benua yang ada di bumi ini sangat berbeda satu dengan yang lain. Akibat dari perbedaan inilah yang akan menimbulkan berbagai macam fenomena cuaca. Bahkan beberapa diantara fenomena cuaca tersebut tidak akan pernah terjadi di daerah lainnya. Berikut ini kami rangkum beberapa fenomena cuaca yang indah dan menakjubkan, namun jarang sekali terjadi, bahkan mungkin hanya satu kali dalam ratusan tahun. Penasaran, langsung simak yang berikut.

1. Awan Roll
Inilah fenomena cuaca yang hanya bisa terjadi di kawasan yang hembusan angin sangat kencang atau sering terjadi badai.

Awan Roll
                                                            
Seperti halnya nama angina tersebut, berbentuk roll atau menggulung yang panjangnya bisa mencapai ratusan kilometer. Angin ini akan terbentuk saat akan terjadinya badai atau angin topan.

2. Awan Kelvin Helmholtz
Fenomena cuaca awan Kelvin Helmholtz merupakan fenomena yang sangat jarang sekali terjadi. 


Awan Kelvin Helmholtz
                                                      
Fenomena awan seperti ombak saling berkejaran ini akan hadir dalam beberapa detik saja. Terbentuknya fenomena cuaca ini lantaran adanya geseran angin pada tingkat awan.

3. Awan Lenticular
Fenomena awan ini sering kali mengecoh penglihatan, karena awan yang terbentuk menyerupai UFO. Lantas banyak orang percaya akan kebenaran UFO.


Awan Lenticular
                                                                  
Awan ini terbentuk melalui kelembaban udara yang mengembun dari updraft yang terganggu formasi besar yang menghalanginya. Walaupun lebih sering berbentuk seperti UFO, awan Lenticular juga terkadang membentuk formasi unik lainnya.

4. Awan Stratocomulus
Awan stratocumulus terbentuk akibat terjebak arus udara panas dan arus udara dingin. 


Awan Stratocomulus

Sehingga awan tersebut seperti memiliki jalur tersendiri. Fenomena cuaca seperti ini memang sangat jarang sekali terjadi.

5. Awan Jamur
Sesuai namanya, awan ini berbentuk menyerupai jamur. Awan ini terbentuk dari asap, uap air kental, atau puing-puing akibat ledakan yang sangat besar. Sering kali terbentuknya awan ini dikaitkan dengan adanya ledakan nuklir. 


Awan Jamur
                                                                          
Padahal sebenarnya ledakan gunung berapi pun bisa menghasilkan awan jamur, karena adanya perubahan panas dan masa jenis awan secara mendadak.