5 Laba-Laba Raksasa Paling Menakutkan di Dunia

Ditulis oleh: - -

Laba-laba merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelompok arachnida, yang di dalamnya terdapat kalajengking, tungau, kutu dan lainnya. Yang perlu untuk kita ketahui bahwa semua laba-laba adalah predator bahkan kanibal, dengan ukurannya yang beragam. Simak 5 laba-laba besar yang paling menakutkan berikut ini.

1. Poecilotheria rajaei
merupakan salah satu laba-laba jenis tarantula yang ditemukan di wilayah Sri Lanka bagian utara, memiliki kaki yang panjangnya mencapai 8 Inchi (yang bisa menutupi wajah manusia). 



Di negara Sri Lanka dan India arachnida ini dikenal dengan laba-laba harimau, kali pertama ditemukan pada Oktober 2009, ketika penduduk setempat menemukan bangkai laba-laba harimau. Laba-laba harimau merupakan spesies yang langka, berdasarkan keterangan Ranil Nanayakkara, pendiri Srilanka Biodiversity Education and Research, Laba-laba harimau ini merupakan hewan yang hidup di atas pepohonan tua, namun dengan adanya penebangan hutan mereka pun bermigrasi ke wilayah-wilayah dekat manusia.

2. Theraphosa blondi
Laba-laba raksasa yang satu ini diberi nama Goliath – Pemakan Burung, meski sebenarnya ia tidak memakan burung. Meski demikian namanya tersebut diberikan oleh seorang petualang yang tidak sengaja melihatnya sedang memakan bangkai burung keci. Namun seperti halnya jenis tarantula, laba-laba goliath ini pun lebih menyukai serangga, katak dan binatang pengerat sebagai santapannya. 



Berdasarkan pengamatan laba-laba goliath memiliki kaki yang panjangnya hampir melebihi plate makan malam, dengan berat tubuh hampir 6 ons. Bahkan bagian taring mulutnya mencapai satu inchi, sehingga dapat menembus kulit manusia cukup dalam.  Dikabarkan di Amerika Selatan suara laba-laba goliath yang sedang menggarukkan kakinya mampu terdengar hingga 15 kaki jauhnya.

3. Heteropoda maxima
Laba-laba raksasa yang satu ini adalah alasan kuat bagi manusia untuk menghindari lobang besar yang gelap di alam liar. Laba-laba dengan nama Heteropoda maxima atau Raksasa Pemburu Manusia ini kali pertama ditemukan di Laos pada 2011 lalu. 



Arachnida yang satu ini memilik kaki sepanjang 12 inchi, bahkan kemampuannya mengejar mangsa dalam kecepatan tinggi membuat mereka dijuluki pemburu ulung.

4. Golden Silk Orb-Weaver
Laba-laba yang satu ini termasuk ke dalam genus Nephila, memiliki kedekatan bentuk dan gen dengan laba-laba di zaman purba. Jenis laba-laba ini dapat ditemukan hampir di seluruh kawasan di dunia, dengan memiliki kaki sepanjang 6 inchi (namun jantan lebih pendek) mereka mampu memburu dan memangsa serangga bertubuh besar sekalipun. 



Seorang saksi mata di Australia bahkan menyaksikan Golden Silk Orb-Weaver, sedang menikmati ular dan burung sebagai santapannya di jaring dengan diameter seluas 5 kaki.


5. Phoneutria nigriventer
Sementara itu laba-laba raksasa Phoneutria nigriventer memiliki kaki yang panjangnya mencapai 6 kaki, dan yang lebih menakutkan lagi adalah bisa (neurotoxin) yang dimilikinya. Bisanya tersebut dapat berakibat fatal terhadap manusia.



Tak heran jika Phoneutria nigriventer disebut sebagai laba-laba paling beracun di muka bumi. Nama lain dari laba-laba raksasa yang satu ini adalah Brazilian Wandering Spider, karena perilakunya yang gemar bergelandang di malam hari di kegelapan hutan.