9 Fakta Menarik dan Unik yang Ada Dibalik Gurihnya Keju

Ditulis oleh: - -

Tanpa kita sadari, ternyata keju menyimpan banyak cerita menarik di dalamnya. Ayo, tambah pengetahuan Anda tentang keju dengan fakta menarik seputar keju. Selain rasanya yang unik, keju juga memiliki fakta menarik  berikut ini.

9 Fakta Menarik dan Unik yang Ada Dibalik Gurihnya Keju

1. Amerika Serikat adalah negara dengan penjualan keju cheddar terbanyak
Meskipun ada banyak jenis keju, warga Amerika lebih memilih cheddar dibanding lainnya. Amerika adalah konsumen keju cheddar tertinggi di dunia.

2. Ada dapur khusus keju di Roma
Orang-orang Eropa memiliki tradisi makan yang mendalam. Di Roma kuno, keju disiapkan di dapur khusus, yang dikenal dengan careale.

3. Konsumen terbanyak keju ada di Yunani
Banyak anggapan jika Amerika adalah negara dengan konsumsi keju terbanyak. Ternyata Yunani merupakan konsumen utama keju dengan rata-rata 27,3 kilogram per orang.

4. Rasa terbaik keju ketika berada di suhu ruangan
Meskipun keju adalah produk yang didinginkan, namun rasa yang terbaik ketika berada pada suhu ruangan. Suhu tersebut akan mempertahankan rasa keju yang sesungguhnya. 

5. Ada lebih dari 700 berbagai keju ditemukan di berbagai belahan dunia
Inggris sendiri menghasilkan lebih dari 700 varietas yang berbeda dari keju. Prancis dan Italia, masing-masing memproduksi 400 jenis keju.

6. Produksi keju membutuhkan jumlah susu yang besar
Untuk memproduksi satu kilogram keju, Anda membutuhkan 10 liter susu.

7. Pizza hut menggunakan 140 juta kilogram keju per tahun
Dengan bisnis restoran yang berkembang di seluruh dunia, Pizza hut menggunakan keju sebagai bahan baku utama dan menghabiskan sekitar 140 kg keju tiap tahunnya.

8. Produksi keju juga sampai di Asia
Keju tidak hanya berasal dari Eropa dan terbuat dari susu sapi saja. Di Asia, seperti Turki dan Timur Tengah keju diolah dengan susu domba. 

9. Memiliki 1000 jenis lebih
Keju memiliki banyak jenis, inggris menghasilkan 700 jenis macam keju berbeda, sedangkan prancis dan italia memproduksi 400 jenis keju. Jika sisa negara lain memiliki jenis tersendiri maka jumlah totalnya akan lebih banyak dari yang sudah ditemukan.