10 Julukan "Kota Pahlawan" di Bekas Negara Uni Soviet

Ditulis oleh: - -

'Kota Pahlawan' merupakan suatu gelar kehormatan yang diberikan oleh Uni Soviet untuk perjuangannya yang sangat luar biasa selama Perang Dunia II - dikenal dalam Uni Soviet sebagai The Great Patriotic War -. Kota pahlawan diberikan kepada dua belas kota dari Uni Soviet. 

Nah, selain Benteng Brest dianugerahi gelar setara Benteng Pahlawan. Menurut undang-undang tersebut, kota pahlawan dikeluarkan Ordo Lenin, medali Gold Star, dan sertifikat akta heroik (gramota) dari Presidium Dewan Tertinggi Uni Soviet. Serta, monumen obelisk yang sesuai dipasang di kota. Berikut ini adalah 10 kota yang dimaksud.

1. Sevastopol
Sevastopol atau Sewastopol merupakan salah satu kota di Ukraina bagian selatan, tepatnya di Semenanjung Krimea yang menghadap ke Laut Hitam. Pada tahun 2007, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 379.200 jiwa. Sevastopol adalah pelabuhan terbesar kedua di Ukraina setelah Pelabuhan Odessa.


Sevastopol

Markas Angkatan Laut Ukraina dan Armada Kapal Laut Hitam Angkatan Laut Rusia terletak di kota ini. Pada tahun 1993, Sevastopol pernah menjadi daerah sengketa teritorial antara Federasi Rusia dan Ukraina. Meskipun demikian, akhirnya disepakati bahwa kota ini tetap menjadi milik Ukraina, namun Armada Laur Hitam AL Rusia tetap diperbolehkan berpangkal di sini dengan status sewa selama 50 tahun.

2. Brest
Merupakan kota di Belarus dekat perbatasan Polandia di mana Sungai Bug Barat dan Sungai Mukhavets bertemu. Kota ini diserang dan dianeksasi Uni Soviet pada 1939 menurut pakta Ribbentrop-Molotov yang membagi Polandia ditandatangani Nazi Jerman pada Agustus 1939. Kebanyakan orang Belorusia menganggapnya sebagai penyatuan kembali bangsa Belorusia di bawah 1 konstituen (BSSR saat itu).


Brest

Pada 22 Juni 1941 kota Brest ini diserang Nazi Jerman di awal Operasi Barbarossa, dengan benteng yang pada persetujuan 1918 telah ditandatangani buat berlaku sebagai titik fokus perlawanan. Bertahan sebulan, mendirikan status kota hanya sebagai Benteng Pahlawan di antara Kota Pahlawan Uni Soviet. Komunitas Yahudi Brest dibantai di bawah kekuasaan Nazi. Kota ini direbut kembali angkatan Uni Soviet pada 1944.

Menurut persetujuan Konferensi Yalta Februari 1945, Brest belum berganti tangan lagi, diserahkan kepada Republik Sosialis Soviet Belorusia. Dan kini merupakan bagian negara merdeka Belarus.

3. Kerch
Merupakan kota yang terletak di semenanjung Kerch di Krimea timur, dan merupakan pusat pariwisata, transportasi dan industri penting Ukraina. Pada tahun 2001, kota ini memiliki populasi sebesar 157.000 jiwa. Kerch adalah tempat pertempuran berat antara tentara Soviet dan pasukan Axis. Setelah pertempuran sengit, kota itu telah direbut oleh Jerman pada bulan November 1941. 


Kerch

Pada tanggal 30 Desember 1941 Soviet merebut kembali kota dalam operasi pendaratan angkatan laut. Pada tahun 1942 Jerman menduduki kota lagi. Tentara Merah kehilangan lebih dari 160.000 laki-laki, baik dibunuh atau diambil POW di Pertempuran Semenanjung Kerch. Pada 31 Oktober 1943 lain operasi pendaratan angkatan laut Soviet diluncurkan. Kerch akhirnya dibebaskan pada tanggal 11 April 1944.

Para penjajah Jerman menewaskan sekitar 15.000 warga dan dideportasi 14.000 lainnya selama pendudukan mereka. Bukti kekejaman Jerman di Kerch disajikan dalam pengadilan Nuremberg. Setelah perang, kota dianugerahi gelar Kota Pahlawan.

4. Leningrad
St. Petersburg adalah nama sebuah kota di Federasi Rusia. Sebelumnya, kota ini bernama Petrograd pada tahun 1914-1924 dan Leningrad pada masa Uni Soviet (1924-1991) untuk mengenang Vladimir Lenin. 


Leningrad

Sekarang St. Petersburg merupakan pusat pemerintahan Oblast Leningrad walaupun memiliki status sebagai kota federal. Kota ini adalah kota pelabuhan yang terletak di tepi Sungai Neva dan Teluk Finskiy. Penduduknya berjumlah 4.848.700 jiwa berdasarkan sensus tahun2010. Di kota ini mengalir lebih dari 40 sungai dan kira-kira 20 kanal.

Pada tanggal 26 Januari 1924, lima hari setelah kematian Lenin, Petrograd berganti nama menjadi Leningrad. Kemudian beberapa ruas jalan dan toponim lain diberi nama sesuai. Kota ini memiliki lebih dari 230 tempat yang terkait dengan kehidupan dan aktivitas Lenin. Beberapa dari mereka berubah menjadi museum, serta cruiser Aurora – simbol Revolusi Oktober dan kapal tertua di Angkatan Laut Rusia.

5. Novorossiysk
Merupakan kota pelabuhan di selatan Rusia. Kota ini berpenduduk 281.400 jiwa (2005). Novorossiysk didirikan pada tahun 1838 sebagai markas Armada Laut Hitam. Antara tahun 1918-1920 kota ini pusat utama AD Putih Anton Denikin danRepublik Novorossiya yang berumur pendek.


Novorossiysk


Novorossiysk adalah pelabuhan ekspor minyak terbesar di Rusia. Di kota ini juga ada industri semen, industri mesin dan perkayuan serta galangan kapal. Di kota ini ada museum bersejarah, museum sastra N.A. Ostrovsky. Yang dikenal dari Novorossiysk ialah pelabuhannya, yang menghubungkan kota ini dengan dunia luar. Ada juga jalur KA ke daerah Rusia lainnya, terminal bus bersama bandara di Anapa, Krai Krasnodar.

6. Volgograd
Dahulu Volgograd bernama Stalingrad yang merupakan nama sebuah kota di Rusia. Kota ini menjadi terkenal karena Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia II dari bulan September 1942 sampai Februari 1943. 


Volgograd

Kota ini dinamakan menurut Stalin. Kota sepanjang 80 km (50 mil) dari utara ke selatan ini terletak di barat Sungai Volga. Volgograd adalah ibukota Oblast Volgograd.

7. Moskwa
Nama kota ini diambil dari nama sungai yang mengalir membelah kota ini. Berdasarkan sensus tahun 2010, Moskwa memiliki penduduk sebanyak 11,5 juta jiwa. Kota ini pertama kali disebut keberadaannya pada tahun 1147. 


Moskwa

Sebelumnya, Moskwa juga pernah menjadi ibu kota Ketsaran Rusia hingga dipindahkan oleh Peter yang Agung pada masa Kekaisaran Rusia ke St. Petersburg, sebuah kota baru yang dibangun di daerah tepi Laut Baltik yang direbut dari Swedia setelah kalah perang melawan Rusia. Pasca Revolusi Oktober, atas prakarsa Vladimir Lenin, Moskwa kembali menjadi ibu kota Rusia sekaligus Uni Soviet sejak 1922-1991.

8. Minsk 
Merupakan ibu kota Belarus. Markas besar Persemakmuran Negara-negara Merdeka terletak di kota berpenduduk kurang lebih 1,8 juta jiwa ini. 


Minsk

Minsk memiliki status administratif khusus tersendiri serta merupakan ibu kota Provinsi Minsk dan Raion Minsk.

9. Murmansk

Merupakan nama kota besar di bagian barat laut Rusia (Lingkaran Arktik utara) denganpelabuhan laut di Teluk Kola, 12 km dari Laut Barents di pantai utara Semenanjung Kola, tidak jauh dari perbatasan Rusia dengan Norwegia dan Finlandia. 


Murmansk

Kota Murmansk ini penting karena tempat Angkatan laut Rusia. 

10. Odessa
Odessa atau Odesa, merupakan kota terbesar kelima di Ukraina, dengan populasi 1.003.705. Kota ini adalah pelabuhan utama yang terletak di pantai barat Laut Hitam dan pusat administrasi Oblast Odessa. Selama periode Soviet itu adalah pelabuhan paling penting dari perdagangan di Uni Soviet dan pangkalan angkatan laut Soviet.


Odessa

Pada abad ke-19 itu adalah kota keempat terbesar dari Kekaisaran Rusia, setelah Moskow, Saint Petersburg dan Warsawa. Sejarah arsitekturnya memiliki gaya yang lebih Mediterania dari Rusia, yang telah sangat dipengaruhi oleh gaya Prancis dan Italia. Beberapa bangunan yang dibangun dalam campuran gaya yang berbeda, termasuk Art Nouveau, Renaissance dan Classicist.