4 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat yang Membandel

Ditulis oleh: - -

Apabila kamu sudah berupaya mengatasi jerawat namun belum berhasil juga. Nah, bisa jadi itu karena cara tersebut terlalu kasar atau abrasive bagi kulit kamu yang sensitif. Untuk itu, sebagai alternatif nya sebaiknya kamu coba untuk menggunakan cara-cara alami berikut.


4 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat yang Membandel

1. Berjemur 15 Menit Setiap Hari
Kulit butuh sinar matahari untuk berfungsi secara sempurna. Karena itu, para ahli menyarankan untuk mendapat paparan sinar matahari sedikitnya 15 menit setiap hari, selain itu lakukan latihan fisik teratur dan tidur cukup untuk mengurangi stres dan menyehatkan kulit. 

2. Konsumsi Makanan Berasam Oksalat 
Makanan mentah yang mengandung asam oksalat, seperti almond, kacang mente, dan lobak, bermanfaat untuk mengobati jerawat. Karena itu, tingkatkan konsumsi makanan tersebut untuk meredakan bintil-bintil jerawat di wajah.

3. Hangatkan Wajah
Sebaiknya menguapi wajah (facial steam) dengan uap air panas dicampur serbuk daun obat, memang tak boleh digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Akan tetapi, facial steam dapat menyegarkan dan membersihkan kulit untuk jerawat yang masih pada tingkat moderat. Daun obat yang biasa digunakan adalah lavender, semanggi merah, dan stroberi.

Adapun caranya, panaskan campuran 2-4 sendok makan serbuk herbal kering dengan dua liter air. Ketika air sudah panas dan beruap, duduklah dengan wajah di atas uap pada jarak yang nyaman selama 15 menit. Bila suka, gunakan handuk untuk menyerap uap. Kemudian kompres kan dengan lembut ke wajah. Setelah itu tepuk-tepukkan air bersuhu normal ke wajah secara perlahan, kemudian keringkan dengan menekan-nekankan handuk bersih. 

4. Konsumsi Bawang Putih
Riset membuktikan, bawang putih memberantas bakteri penyebab jerawat, yang berkembang biak dalam pori-pori kulit. Bawang putih juga meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengasup bawang putih secara langsung, beberapa siung setiap hari atau minum kapsul serbuk bawang putih. 

Nah, itulah beberapa tips ampuh dan tentunya sangat manjur untuk mengatasi jerawat yang membandel. Semoga informasi ini bermanfaat!