5 Negara di Dunia yang Merdeka pada Bulan November

Ditulis oleh: - -

Hari kemerdekaan merupakan hari yang sangat sakral yang diperingati secara istimewa oleh segenap elemen bangsa dan negaranya. Tentunya mereka para warganya, bersuka cita merayakan hari “besar” itu dengan berbagai perayaan. Nah, berikut ini negara di dunia, yang merayakan hari kemerdekaannya pada bulan November. Negara apa saja ya? Mau tau, simak infonya dibawah ini.

1. Albania, 28 November 1912
Merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa bagian tenggara. Albania berbatasan dengan Montenegro di sebelah utara, Serbia (Kosovo) di timur laut, Republik Makedonia di timur, dan Yunani di selatan. 


Albania, 28 November 1912

Laut Adriatik terletak di sebelah barat Albania, sedangkan Laut Ionia di barat daya. Albania di dalam bahasanya dipanggil Shqipëria, yang berarti Tanah Air Burung Elang. Oleh itu, gambar burung elang berkepala dua dapat dilihat di benderanya serta emblemnya. Nama “Albania” pula mungkin berasal dari perkataan Indo-Eropa albh (putih).


2. Suriname, 25 November 1975
Republik Suriname dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik.


Suriname, 25 November 1975

Di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam.

Pecahnya Perang Dunia Pertama tidak memengaruhi situasi ekonomi - politik Suriname. Pada tanggal 15 Desember 1954, pemerintah Belanda bersama beberapa wakil dari Suriname menandatangani sebuah memorandum yang isinya rencana pengakhiran penjajahan. Dalam sebuah Konferensi Meja Bundar pada tahun 1961, para wakil Suriname yang dipimpin oleh Perdana Menteri Johan Adolf Pengel menuntut dibentuknya sebuah pemerintahan sendiri. Tuntutan itu semakin menjadi setelah didirikannya beberapa partai politik yang dibentuk pada dasawarsa itu, semakin gencar menyampaikan tuntutan agar Suriname diberikan kebebasan penuh secepatnya.

Tuntutan ini ditanggapi secara serius dengan diadakannya sebuah konferensi di Belanda pada tahun 1970. Konferensi ini diadakan untuk membicarakan persiapan pelepasan Suriname sekaligus menyusun kabinet yang terdiri dari wakil-wakil partai. Suriname selanjutnya menjadi negara merdeka sejak tanggal 25 November 1975. Walaupun demikian, perekonomian negara yang baru merdeka ini tetap sangat tergantung pada bantuan pembangunan Belanda.

3. Lebanon, 22 November 1943
Republik Lebanon adalah sebuah negara di Timur Tengah, sepanjang Laut Tengah, dan berbatasan dengan Suriah di utara dan timur, dan Israel di selatan. Bendera Lebanon menampilkan sebuah pohon aras berwarna hijau dengan latar belakang putih, diapit oleh dua garis merah horisontal di atas dan bawahnya. 


Lebanon, 22 November 1943

Karena keanekaragamannya yang sektarian, Lebanon menganut sebuah sistem politik khusus, yang dikenal sebagaikonfesionalisme, yang dimaksudkan untuk membagi-bagi kekuasaan semerata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda.

Hari Kemerdekaan Lebanon, pada tanggal 22 November 1943, merupakan hari nasional yang dirayakan untuk mengenang pembebasan dari Perancis yang dilakukan atas tanah Lebanon selama lebih dari 23 tahun.a

4. Latvia, 18 November 1918
Republik Latvia adalah sebuah negara di Eropa Utara yang beribukota di Riga. Latvia memiliki batas darat dengan dua negara Baltik, Estonia di utara dan Lituania di selatan, serta dengan Rusia dan Belarus di timur. Latvia juga memiliki batas maritim dengan Swedia. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004. Perang Dunia I menghancurkan wilayah dari apa yang akan menjadi negara Latvia, bersama dengan bagian barat lainnya dari Kekaisaran Rusia. 


Latvia, 18 November 1918

Tuntutan untuk menentukan nasib sendiri pada awalnya terbatas pada otonomi, tetapi Revolusi Rusia 1917, perjanjian dengan Jerman di Brest-Litovsk, dan gencatan senjata bersekutu dengan Jerman pada tanggal 11 November 1918, menciptakan kekosongan kekuasaan. Rakyat Dewan Latvia memproklamasikan kemerdekaan negara baru di Riga pada 18 November 1918, dengan Karlis Ulmanis menjadi kepala pemerintahan sementara.

5. Polandia, 11 November 1918
Merupakan sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko dan Slovakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lituania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon).


Polandia, 11 November 1918

Negara ini memiliki populasi lebih dari 38,5 juta orang, yang membuatnya negara terpadat ke-34 di dunia dan anggota terpadat keenam dari Uni Eropa, yang paling padat penduduknya pasca-komunis anggota. Polandia adalah negara kesatuan yang terdiri dari 16 voivodeships. 

Polandia merupakan anggota dari Uni Eropa, NATO, PBB, Organisasi Perdagangan Dunia, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Wilayah Ekonomi Eropa, Badan Energi Internasional, Dewan Eropa, Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa, Badan Tenaga Atom Internasional, European Space Agency, G6, Dewan Laut Baltik, Visegrád Group, Weimar Segitiga dan Perjanjian Schengen.