Terowongan Bawah Tanah di Paris Menuju Kuburan Angker!

Ditulis oleh: - -

Paris - Petite Ceinture merupakan jalur kereta api yang dulu menghubungkan Kota Paris dengan wilayah-wilayah di sekitarnya. Akan tetapi sejak 1934, jalur ini ditutup dan terbengkalai. Padahal di terowongannya, ada jalan menuju kuburan bawah tanah.


Gerbang masuk menuju Catacombs of Paris.

Pada tahun 1852, Konstruksi Petite Ceinture, atau Chemin de Fer de Petite Ceinture dibangun. Waktu itu raja yang berkuasa adalah Napoleon III. Jalur kereta ini dibangun untuk mengangkut penumpang dari Paris menuju wilayah-wilayah di sekitarnya dan sebaliknya.


Terowongan gelap di Petite Ceinture.

Namun Petite Ceinture ditutup pada 1934. Jalur ini pun perlahan terbengkalai, meski banyak stasiun yang berdiri kokoh sampai sekarang. Terowongan yang ada di Petite Ceinture pun ditumbuhi setidaknya 200 flora dan jadi habitat beragam fauna. Keberadaannya tersembunyi dari jalan-jalan besar, terhalang pemukiman warga.

Padahal, terowongan di Petite Ceinture adalah salah satu akses masuk ke Catacombs of Paris. Ini adalah kuburan massal warga Paris yang berada di bawah tanah, yang sering jadi tujuan wisata misteri. Betapa tidak, Catacombs of Paris dijejali tengkorak-tengkorak puluhan sampai ratusan tahun lamanya. Ih serem!

Sangat cocok untuk dijadikan ajang uji nyali sebelum wisatawan memasuki Catacombs of Paris. Dikarenakan, terowongan ini sangat gelap dan tak berpenghuni. Ada satu lubang tempat wisatawan memasuki kuburan bawah tanah tersebut. 

Jika tidak berani, Anda bisa melihat sisi indah Petite Ceinture di jalur sepanjang Porte d'Auteuil sampai Gare de la Muette. Pada 2008 jalur penuh tumbuhan hijau dan bunga warna-warni ini dibuka untuk wisatawan berjalan kaki.