Menggali Mumi di Ketinggian Gunung Strato Vulkanik Llullailaco

Ditulis oleh: - -

Di situs arkeologi gunung strato vulkanik Llullailaco, Argentina, Tahun 1999. Udara beku disertai angin hebat adalah gambaran cuaca di puncak dengan ketinggian lebih dari 22.000 kaki (6739 meter) di atas permukaan laut. Itu tidak membuatnya jera.


Reinhard terduduk di puncak Gunung Llullaillaco. Di sisinya dua mumi Inka yang ditemukan dalam ekspedisi tahun 1999 tersebut.
Reinhard terduduk di puncak Gunung Llullaillaco. Di sisinya dua mumi Inka yang ditemukan dalam ekspedisi tahun 1999 tersebut. (Johan Reinhard)

Seorang penjelajah di dalam National Geographic, Johan Reinhard, antropolog, yang merintis high-altitude archaeology. Reinhard kerap melakukan ekspedisi arkeologi di ketinggian yang membawanya pada penyelidikan belulang manusia yang menemui ajal di daerah-daerah pegunungan Amerika Latin.

Pada sebuah inspeksi "kebetulan", Reinhard menemukan dua tubuh. Anak laki-laki dan anak perempuan Suku Inka, keduanya 500 tahun silam dikurbankan menjadi persembahan bagi dewa-dewa gunung mereka dan dikubur di tempat itu. Lalu bersama mumi ditemukan pula sejumlah artefak, termasuk patung, tembikar, dan tekstil.

Pada temperatur dingin di ketinggian nyatanya menjaga tubuh mumi manusia teramat baik sehingga organ-organ tubuh mereka masih dalam kondisi utuh setelah lima abad berlalu. Bahkan, aliran darah masih didapati membeku di dalam pembuluh. 

Namun, sebelumnya ia juga pernah menemukan mumi lain: seorang gadis remaja di lereng Ampato, Pegunungan Andes, dekat Arequipa, Peru, pada 1995, yang kemudian terkenal sebagai The Ice Maiden atau Lady of Ampato.
"Dalam kematian dini mereka (saya tak bisa henti berpikir) gadis dari Gunung Ampato dan kedua anak yang dikurbankan ini sudah meninggalkan sejarah dan memberikan halaman baru, bagi memori bangsa mereka Inka, salah satu peradaban kuno terhebat yang pernah ada," tuturnya.