5 Situs Wisata yang Dijatuhi Meteorit di Berbagai Belahan Dunia

Ditulis oleh: - -

Pada beberapa waktu yang lalu, publik sempat dihebohkan oleh jatuhnya sebuah meteorit di Rusia (15/2), sontak kejadian itupun ramai dibicarakan di seluruh dunia. Antusiasme warga yang ingin lebih mengenal tentang benda langit yang kapanpun bisa jatuh ke Bumi tersebut pun naik.

Namun, beberapa lainnya justru menggunakan kesempatan tersebut untuk mengabadikan berbagai jenis meteorit yang jatuh di Bumi, beberapa ada yang berburu untuk menyentuh atau sekedar berwisata mengunjungi situs-situs yang dijatuhi meteorit.

Akhirnya, museum dan lokasi wisata pun menjadi tempat yang ramai bagi masyarakat dunia yang ingin melihat meteorit dari dekat. Berikut adalah tempat-tempat di mana anda dapat mengunjungi dan melihat meteorit dari dekat.

1. Culiacan Meteorit Bacubirito, Culiacan - Meksiko
Meteorit ini dapat anda kunjungi di Gedung Centro de Ciencias di Culiacan, sebuah kota yang berada di barat laut Meksiko.


Culiacan Meteorit Bacubirito, Culiacan - Meksiko


Meteorit Bacubirito ini berbobot 24 ton ini pertama kali ditemukan pada 1863 oleh geologis bernama geologi Gilbert Ellis Bailey. Dimensinya yang memiliki panjang 4,2 meter menjadikannya meteorit terpanjang yang pernah ditemukan.

2. Meteorit Hoba, Museum Nasional - Namibia
Meteorit ini tercatat sebagai meteorit tunggal terbesar yang jatuh di Planet Bumi. Meteorit ini secara utuh dalam satu potongan besar yang memiliki kandungan mirip dengan besi.


Meteorit Hoba, Museum Nasional - Namibia


Diperkirakan Meteorit Hoba bobotnya mencapai 60 ton dengan dimensi lebar dan panjang 2,7 meter dan ketebalan 1 meter. Meteorit ini diperkirakan jatuh ke Bumi  80.000 tahun yang lalu. Namun ditemukan oleh masyarakat baru di tahun 1920.

Meskipun, ukurannya terbilang sangat besar, akan tetapi tak ada bentukkan kawah yang terbentuk di sekitarnya seperti lokasi meteorit pada umumnya. Hal inipun menjadi misteri di kalangan para ilmuwan.

3. Meteorit Willamette - New York
Meteorit ini saat ini berada di museum American Natural History. Ini adalah meteorit besi terbsesar yang pernah ditemukan di Amerika Serikat. Pertama kali ditemukan pada 1902 oleh penambang, Ellis Hughes di Oregon.


Meteorit Willamette - New York


Diperkirakan Meteorit Willamette jatuh lebih dari 1 juta tahun yang lalu. Meteorit ini juga sangat dihormati oleh suku nativ Amerika, yakni Indian suku Clackamas Chinook yang tinggal di lembah Willamette.

4. Meteorit El Chaco - Argentina
meteorit ini terdapat di propinsi El Chaco, Argentina. Meteorit ini diyakini adalah satu dari banyaknya meteorit yang termasuk dalam hujan meteor pada 4000-5000 tahun yang lalu.


Meteorit El Chaco - Argentina


Meteorit El Chaco hanyalah satu dari banyak pecahan meteorit besi yang disebut Campo del Cielo dengan berat 37 ton. El Chaco memiliki bobot sekitar 37 ton. Meteorit ini adalah yang kedua terbesar setelah Hoba.

5. Meteorit Ahnighito - New York
Sebenarnya meteorit ini adalah meteorit kedua terbesar yang pernah dipindahkan manusia setelah Willamette. Bobotnya mencapai 31 ton. Saat ini anda dapat mengunjunginya di Museum American Natural History, New York.


Meteorit Ahnighito - New York


Meteorit Ahnighito merupakan satu fragmen dari meteorit besar Cape York yang menabrak Bumi lebih dari 100.000 tahun yang lalu di wilayah barat laut Greenland.

Namun, sebelumnya meteorit ini dimiliki oleh suku asli Inuits, hingga pada tahun 1897, penjelajah Inggris Sir John Ross mempertaruhkan segalanya untuk mengambil Ahnighito dan membawanya ke New York.