5 Bangunan Bersejarah yang Dijadikan Ikon Negara

Ditulis oleh: - -

Sudah pasti setiap negara mempunyai tempat dan bangunan yang menjadi simbol negara tersebut. Pada umumnya tempat dan bangunan tersebut tercipta karena peradaban dan kemajuan teknologi. Namun, bangunan peninggalan sejarah dirasa lebih baik dibandingkan bangunan berteknologi maju karena mempunyai sejarah yang tidak akan terlupakan oleh teknologi baru. Berikut 5 Bangunan Bersejarah yang Menjadi Ikon Negara.

1. Koloseum 
Merupakan salah satu arsitektur tercanggih yang pernah diciptakan bangsa roma. Koloseum yang dulu berfungsi sebagai tempat beradu manusia dengan banteng ini mampu menampung 50.000 orang.  


Koloseum

Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai pertarungan gladiator, berburu binatang, eksekusi mati, drama, dan kegiatan religius.

2. Taj Mahal
Merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang dibangun sebagai bukti cinta oleh kaisar Mughal Shah Jahan. Bangunan ini terlihat seperti istana yang megah, namun sebenarnya bangunan ini merupakan sebuah makam darri istri ketiga  kaisar Mughal Shah Jahan. 


Taj Mahal

Namun, istrinya meninggal saat melahirkan anak ke empat belasnya. Bangunan ini melibatkan 20.000 pekerja yang berasal dari India Utara.

3. Piramida mesir 
Merupakan bangunan tertua pada daftar ini karena dibangun pada peradaban mesir kuno yang dipimpin oleh Fir’aun. 


Piramida mesir

Bangunan ini merupakan makam raja-raja mesir yang umumnya dikemas dalam bentuk mumi sehingga bentuk dari jenazah masih awet hingga sekarang. Piramid pertama dibangun pada tahun  2.551 Sebelum Masehi.

4. Menara Eiffel
Menara yang menjulang tinggi diatas paris ini dibangun antara tahun 1887 dan 1889 yang menandai 100 tahun Revolusi Perancis.  


Menara Eiffel

Pada awalnya, menara ini dibangun hanya untuk 20 tahun, namun sejak pendudukan Jerman atas Perancis selama perang dunia ke II bangunan ini tetap bertahan hingga sekarang. Menara ini di rancang oleh insinyur Gustave Eiffel.

5. Big Ben 
Merupakan salah satu jam paling terkenal di dunia. Nama big ben sebenarnya adalah nama salah satu lonceng yang terdapat di dalam menara, namun karena banyak yang menyebut menara ini sebagai Big Ben, maka jam raksasa ini dikenal dengan sebutan Big Ben. 


Big Ben

Menara ini mempunyai tinggi 316 meter dengan besar jam 23 meter persegi.