Ditemukan Bukti Kuat Jika Mars Bisa Mendukung Kehidupan

Ditulis oleh: - -

CAPE CANAVERAL - Kendaraan penjelajah Mars Opportunity, menemukan satu lagi bukti bahwa Mars bisa mendukung kehidupan. Bukti tersebut ditemukan lewat hasil analisis batu Mars yang dinamai Esperance.


Batu Esperance.
Batu Esperance.

Awalnya, Esperance ditemukan di wilayah Mars yang disebut Cape York, suatu tempat di sebuah kawah raksasa Endeavour. Batu tersebut ditemukan dalam penjelajahan selama sembilan hari Opportunity di kawah Endeavour.

Setelah itu, ilmuwan melakukan analisis pada batu tersebut. Analisis menunjukkan, Esperance unik dibandingkan batu Mars yang lain. Batu ini lebih kaya aluminum dan silika dan lebih sedikit besi serta kalsium. Batu ini juga dialiri dan dilapukkan oleh air.

Dari hasil analisis tersebut terungkap bahwa Mars pernah menjadi lingkungan basah di masa lampau karena memiliki air serta mengandung mineral yang dibutuhkan makhluk hidup. Keberadaan air dan mineral menjadi bukti bahwa Mars bisa mendukung kehidupan.

Setelah melakukan penjelajahan di Cape York, Opportunity (kendaraan penjelajah beroda 6 yang telah mendarat di Mars sejak 25 Januari 2004) akan melakukan perjalanan wilayah yang disebut Solander Point, daerah di tepi kawah Endeavour.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, bahwa Opportunity memecahkan rekor perjalanan terjauh di permukaan benda langit selain Bumi, sejauh 35,76 kilometer. Rekor sebelumnya dipegang oleh misi Apollo 17 yang melakukan perjalanan di Bulan sepanjang 35,74 kilometer.