5 Fakta Unik Bangsa Viking yang Perlu Untuk Diketahui

Ditulis oleh: - -

Merupakan suku bangsa yang mendiami kawasan Eropa Utara. Dalam perjalanan sejarahnya, Viking adalah sebuah bangsa yang terlahir memiliki keberanian dan keteguhan. Meskipun banyak pula catatan sejarah yang menyebutkan bahwa mereka adalah bangsa penjelajah yang kasar, buas dan tidak mengenal rasa takut. Namun, sebagai penguasa lautan dan daratan Eropa Utara, ternyata bangsa Viking memiliki keunikan tersendiri. Berikut 5 Fakta Unik Bangsa Viking yang Perlu Untuk Diketahui:

1. Membuat Bom Roket Dari Urin
Keberanian dan fisik yang tangguh ditunjang persenjataan adalah modal kemenangan para pejuang Viking dalam peperangan. Dan ternyata bukan sembarang senjata, mereka pun memiliki senjata api yang mampu meluncur dan meledakkan musuh-musuhnya.


Membuat Bom Roket Dari Urin

Pejuang Viking memiliki roket api yang bahkan dibuat dengan cara sederhana namun efeknya luar biasa.  Mereka membuat roket dari jamur pohoan oak ataupun beech yang direbus menggunakan air seni (urin).  Hasil rebusan tersebut kemudian disimpan dalam wadah (tong) tertutup selama bebera hari hingga menghasilkan sodium nitrat (NaNo3). Setelah siap untuk digunakan, mereka akan menyulutkannya ke arah musuh-musuhnya baik berupa roket api ataupun senjata sembur.

2. Berserkers
Jika kamu sering memainkan game jenis RPG (Role Play Game) ataupun RTS (Real Time Strategy) pasti pernah menjumpai karakter Berserker, pejuang bangsa Viking. Berserker merupakan pejuang dari bangsa Viking yang terkenal keberanian, ketangguhan dan aksi nekadnya. 


Berserkers

Mereka akan berkelahi tanpa sedikit pun merasa gentar, walaupun hanya menggunakan kepalan tangan saja. Beberapa menyebutkan jiwa mereka bukan lagi manusia, melainkan mahluk lain yang merasuk ke dalam tubuh manusia.

3. Pedang Karbon
Para pejuang Viking memiliki senjata khas yang bahkan wajib mereka bawa setiap saat, yakni pedang ‘sverds.’  


Membuat Pedang Karbon

Pedang Viking yang satu ini terbuat dari karbon, bahkan mereka disebut-sebut sebagai bangsa pertama yang membuat pedang dari bahan karbon yang dicampurkan dengan besi. Sehingga warnanya pun khas karbon, hitam legam.

4. Gambaran Salah Bangsa Viking
Di film-film bangsa Viking diperlihatkan gemar berpesta pora dengan meminum arak yang dituangkan ke dalam tengkorak manusia, namun itu adalah hal keliru. 


Gambaran Salah Bangsa Viking

Padahal sebenarnya gelas yang mereka gunakan sebenarnya terbuat dari tanduk binatang yang diukir sedemikian rupa. Kemudian helm yang digunakan bukanlah yang memiliki tanduk, hanya sekedar helm kerucut, untuk melindungi mereka dari benturan senjata ataupun terjatuh. 

5. Gaya Hidup yang Bersih
Walaupun di film-film kehidupan pejuang Viking diperlihatkan menakutkan, kotor dan sangar, akan tetapi temuan arkeologi mengungkapkan pola kehidupan mereka bersih, tertib dan sehat. 


Gaya Hidup yang Bersih

Terutama kaum perempuannya, di beberapa situs arkeologi ditemukan beberapa sisir dan pisau cukur yang terbuat dari tulang belulang dan tanduk rusa. Temuan tersebut menyimpulkan bahwa kaum perempuan mereka sangat peduli akan penampilan bersih dan cantik. Mereka mandi menggunakan sabun untuk membersihkan dan mengharumkan tubuh, berbeda dengan bangsa tetangganya Anglo-Saxon (Inggris-Jerman).