10 Keuntungan yang Didapat Jika Berhenti Merokok

Ditulis oleh: - -

Setiap 10-19 detik setelah mengisap rokok, nikotin akan memberikan reaksi ke otak. Tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Kulit menjadi kering dan suhu kulit menurun. Peredaran darah ke tungkai dan lengan berkurang dan muncul tremor. 


10 Keuntungan yang Didapat Jika Berhenti Merokok

Kemudian, timbul efek adiksi kuat atau ketagihan. Sebelum ketagihan, ada baiknya sejak dini di rumah di budayakan untuk tidak merokok. Rumah menjadi kawasan bebas rokok dan anak dilarang merokok. Kalaupun dalam keluarga, orangtua maupun remaja sudah merokok, ada baiknya segera didorong untuk berhenti merokok. Sebab, ada banyak keuntungan yang diperoleh saat berhenti merokok.

Mau tau apa saja keuntungan dari berhenti merokok, simak yang berikut ya. 

1. 10 tahun setelah berhenti merokok, angka kematian kanker paru-paru sekitar separuh dari perokok yang terus merokok. Risiko kanker mulut, tenggorokan, esofagus, kandung kemih, ginjal, dan pankreas berkurang.
2. Satu sampai sembilan bulan setelah berhenti merokok, batuk, penyempitan sinus, kelelahan, dan napas pendek berkurang. Kemudian, silia (rambut getar pada saluran napas yang berfungsi mengalirkan dahak), akan berfungsi normal kembali, sehingga akan membersihkan paru-paru dan mengurangi infeksi.
3. Delapan jam setelah berhenti merokok, kadar karbonmonoksida di dalam darah menurun menjadi normal. 24 jam setelah berhenti merokok, kemungkinan terkena serangan jantung menurun.
4. Keuntungan berhenti merokok bagi kesehatan melebihi risiko kenaikan berat badan rata-rata sebesar 2,26 kilogram, atau dampak psikologis merugikan lain yang mungkin timbul setelah merokok.
5. Mereka yang berhenti merokok hidup lebih panjang dibandingkan orang yang terus-menerus merokok.
6. Dua menit setelah berhenti merokok, tekanan darah menurun pada level yang dekat sebelum rokok terakhir. Suhu tangan dan kaki meningkat menjadi normal.
7. Dua minggu hingga tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi membaik dan fungsi paru meningkat hingga 30 persen.
8. Satu tahun setelah berhenti merokok, risiko terkena jantung koroner berkurang 50 persen.
9. 15 tahun setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung koroner hilang.  
10. Lima tahun setelah berhenti merokok, risiko terkena stroke berkurang 5-15 tahun.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika berhenti merokok, semoga infonya bermanfaat ya!