10 Monument Paling Terbesar yang Diukir di Batu

Ditulis oleh: - -

Monumen merupakan jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial atau sebagai bagian dari peringatan kejadian pada masa lalu. Namun, seringkali monumen berfungsi sebagai suatu upaya untuk memperindah penampilan suatu kota atau lokasi tertentu. 

Akan tetapi dibeberapa belahan dunia, terdapat monumen-monumen luar biasa, yang dipahat dari sebuah bukit dan batuan padat dengan ukuran menakjubkan. Bangun apa ya?Penasaran seperti apa saja bangunan yang dimaksud, simak yang berikut ini.

1. Leshan Giant Buddha, China
Buddha Raksasa Leshan adalah patung Buddha Maitreya yang sedang duduk terletak di timur Kota Leshan, Provinsi Sichuan, Cina. Dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke 8 masehi di pertemuan tiga sungai.Ketiga sungai itu adalah Sungai Min, Sungai Qingyi dan Sungai Dadu.


Leshan Giant Buddha, China

Mempunyai tinggi 71 meter dan adalah patung Buddha terbesar di dunia.Selain itu detail dari patung ini dapat tercermin dari 1.021 sanggul yang bergelung di rambut Sang Buddha.Sistem arsitektur pembuangan air pun tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan pakaian, membuat patung Leshan tetap kering sehingga tidak mudah rusak.Dimulai pada tahun 713 masehi pada zaman Dinasti Tang atas inisiasi dari Hai Tong (seorang Biksu) dan selesai pada tahun 803.Dijadikan salah satu dariSitus Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

2. Crazy Horse Memorial, USA
Terletak di South Dakota, ukiran patung besar dari prajurit Oglala Lakota, dengan kudanya dimulai dibangun oleh Korczak Ziolkowski pada tahun 1948 di Black Hills. 


Crazy Horse Memorial, USA

Monument ini akan menjadi monument ukiran terbesar di bumi dengan lebar 641 kaki dan 563 kaki tingginya. Horse Memorial menggunakan rekayasa bahan peledak untuk mengukir bukit hingga membentuk patung batu.

3. Gereja St George, Ethiopia
Gereja St George yang sepenuhnya diukir, menjorok keluar dari sebuah bukit granit dengan atapnya sejajar dengan permukaan tanah di kota kecil Lalibela di Ethiopia dan merupakan salah satu dari sebelas batu gereja. 


Gereja St George, Ethiopia

Gereja-gereja Lalibela tidak dibangun – mereka digali. Setiap gereja diciptakan dengan terlebih dahulu mengukir sebuah parit lebar di keempat sisi batunya. Gereja terbesar memiliki tinggi 40 meter, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bangunan  seperti itu dengan palu saja dan pahat sangatlah menakjubkan.

4. Bamiyan Buddha, Afghanistan
Patung Buddha dari Bamiyan dahulu merupakan monumen yang terdiri dari dua patung Buddha yang berdiri dan diukir di sisi sebuah jurang di lembah Bamiyan, di tengah Afganistan. Lokasi patung berada kurang lebih 230 km arah barat laut Kabul pada ketinggian 2500 meter. Kemungkinan besar patung-patung ini dibuat pada abad ke-5 atau ke-6 dan merupakan perpaduan klasik antara seni gaya Yunani dan seni Buddha.


Foto Sebelum dan Sesudah dari Bamiyan Buddha, Afghanistan

Tubuh-tubuh utama ditatah secara langsung dari batu tebing, namun detailnya dibuat dengan lumpur yang dicampur dengan jerami dan dilapisi dengan semacam semen. Lapisan ini yang sebagian besar praktis sudah hilang semenjak dahulu kala, kemudian dicat untuk mewujudkan ekspresi wajah, tangan dan lipatan-lipatan jubah secara lebih mendetail. 

Bagian bawah tangan-tangan patung juga dibuat dari campuran lumpur dan jerami yang sama, sementara didukung dengan kayu-kayu penopang. Diduga keras bagian atas wajah patung-patung dibuat dari topeng-topeng kayu raksasa. Deretan lubang yang bisa dilihat di foto merupakan tempat untuk menopang steger kayu yang mendukung lapisan semen luar.

5. Petra, Yordania
Petra merupakan sebuah situs arkeologikal di Ma’an, Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya. Diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 sebelum masehi, sebagai ibukota dari Nabath. 


Petra, Yordania

Tempat ini terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung Mount Hor yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Situs ini tidak pernah diketemukan oleh dunia barat hingga 1812, ketika pengelana dari Swiss, Johann Ludwig Burckhardt menemukannya untuk pertama kalinya.

6. Gunung Rushmore, USA
Mount Rushmore National Memorial atau biasa disebut Gunung Rushmore adalah gunung terkenal di Amerika Serikat yang terletak persis di South Dakota. Gunung Rushmore memiliki ukiran empat kepala presiden terbesar Amerika Serikat , yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. 


Gunung Rushmore, USA

Gutzon Borglum mengukir kepala tersebut di Gunung Rushmore. Setelah kematian Borglum, anaknya, Lincoln, menyelesaikan karyanya. Pengukiran dimulai tahun 1927 dan berakhir tahun 1941.

7. Matreiya Buddha, China
Terletak di Perbukitan Jishi 35 kilometer (22 mil) barat daya dari Yongjing, Provinsi Gansu, China.


Matreiya Buddha, China

Gua Seribu Buddha adalah kekayaan budaya dari bekas kejayaan Jalur Sutra. Yang terbesar dari patung-patung itu, adalah Buddha Matreiya, berdiri hampir 100 kaki (27 meter) tingginya.

8. Confederate Memorial Carving, USA
Stone Mountain Park adalah nama sebuah monument patung memorial konnfederasi yang terletak di sebuah bukit. 


Confederate Memorial Carving, USA

Di bukit itu terukir tiga pahlawan Konfederasi Perang Saudara, Presiden Jefferson Davis dan Jenderal Robert E. Lee dan Thomas J. “Stonewall” Jackson. Seluruh permukaan ukiran memiliki luas tiga hektar, lebih besar dari lapangan sepak bola. Ukiran tiga pria ini terletak 400 meter di atas tanah, yang berukuran 90 x 190 kaki.

9. Fortress of Brest, Belarusia
Sebelumnya dikenal sebagai Benteng Brest-Litovsk, adalah benteng Rusia abad ke-19 di Brest, Belarus. Ini adalah salah satu monument yang paling penting Soviet pasca Perang Dunia II untuk memperingati perlawanan Soviet terhadap invasi Jerman pada tanggal 22 Juni 1941 (Operasi Barbarossa).


Fortress of Brest, Belarusia

Setelah perang, pada tahun 1965 nama Hero-Fortress diberikan kepada Benteng ini untuk memperingati pertahanan heroik kubu perbatasan selama minggu-minggu pertama dari Perang Jerman-Soviet.

10. Bust of Ataturk, Turki
Sebuah patung kepala raksasa, dari tokoh bernama  Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki, sedang dibangun di Buca, pinggiran Laut Aegea kota pelabuhan Izmir, Turki barat. 


Bust of Ataturk, Turki

Terlihat dengan jelas, patung tersebut kokoh berdiri di sebuah bukit.