10 Pemandangan Yang Menyentuh Hati Saat Pelaksanaan Salat Ied di Seluruh Dunia

Ditulis oleh: - -

Bahagianya umat Islam di seluruh dunia saat merayakan kemenangan setelah sebulan lamanya mereka berpuasa. Sebagai penanda dimulainya perayaan Idul Fitri, umat Islam bersama-sama melakukan salat Ied sebelum nantinya bersilaturahmi bersama saudara dan kerabat.

Salat Ied merupakan salah satu momen sakral dan syahdu bagi umat Islam, akan tetapi di dalam pelaksanaannya tak lepas dari hal-hal menarik dan membuat takjub. Yuk simak foto-foto menarik yang menggambarkan warna-warni pelaksanaan Salat Ied yang pernah dilakukan di seluruh dunia ini!

1. Demi Salat Ied di kampung halaman
Momen melangsungkan salat Ied bersama keluarga memang telah lama ditunggu-tunggu oleh para umat Islam di Indonesia, oleh karenanya sebagian besar umat Islam rela menempuh perjalanan jauh untuk bisa berkumpul bersama keluarga dan melakukan salat bersama di hari Idul Fitri. 


Pemandangan di pelabuhan Gilimanuk, Bali, ini terjadi hampir setiap tahunnya saat menjelang hari raya. 

2. Mejeng dulu
Dua gadis muslim asal Obalende, Lagos, Nigeria ini punya cara tersendiri dalam melakukan salat Ied. Mereka percaya bahwa kacamata dapat melindungi mereka dari terik matahari pagi. 


Namun tak hanya itu, ternyata kacamata juga membuat mereka tampil gaya karena warnanya senada dengan jilbab yang mereka kenakan. Saking percaya dirinya, salah satu dari gadis tersebut bahkan masih menyertakan price tag kacamatanya. Hehe ketahuan kalau baru beli ya. 

3. Hitam putih berpadu
Hitam dan putih adalah dua warna yang bertolak belakang, namun dalam pemandangan di Shahr-e-Ray, selatan Tehran, Iran ini membuktikan bahwa keduanya bisa berpadu dengan indah. 


Para jamaah wanita bergegas untuk mencari tempat sebelum Salat Ied dimulai. Sungguh indah bukan pemandangan seperti ini. 

4. Tak terbatas usia
Ibadah tak mengenal usia, seperti gadis kecil asal China ini misalnya. Ia dengan begitu serius menundukkan kepalanya ketika salat sedang berlangsung. 


Dengan berbusana jilbab hitam berenda, gadis kecil ini berada di tengah jamaah masjid Niujie di Beijing. 

5. Bersantai sambil minum susu
Hei ada yang santai meminum susu saat kotbah salat Ied! Akan tetapi mengapa tidak ada yang menegurnya? 


Ya terang saja tidak ada yang menegur sebab pelakunya adalah seorang bocah lucu dengan kacamata dan baju kokonya. Bocah ini ikut serta bersama orang tuanya dalam salat Ied di Rizal Park, Manilla, Filipina. 

6. Pakaian warna-warni
Anak-anak selalu punya cara untuk bisa menikmati sebuah aktivitas dalam ranah mereka sendiri. 


Seperti misalnya anak-anak Muslim India Bangalore ini berkumpul setelah melakukan salat Ied bersama dengan keluarganya di hari Idul Fitri. Jika melihat masing-masing dari mereka menggunakan kaftan warna-warni, ingin rasanya berfoto bersama mereka yang memang menggemaskan ini.

7. Di mana pun tempatnya, tak jadi masalah
Ternyata tidak semua umat Islam di dunia bisa mendapat kenikmatan melakukan salat di tempat yang luas dan bersama banyak orang. 


Di pinggiran Islamabad, Pakistan, umat Islam melakukan salat di gang sempit. Hal tersebut nyatanya tak mengurangi antusiasme dan kekhusyukan para umat yang menjalankan ibadah. Kasihan ya!

8. Jalan Raya Penuh
Jangankan halaman masjid, jalan raya yang membelah kota New Delhi ini seakan tak cukup menampung banyaknya umat Muslim yang sama-sama melakukan salat Ied di masjid Fatehpuri. 


Barisan jamaah yang khusyuk melakukan solat terlihat hampir di sepanjang jalan. Kota nampak lengang, larut dalam suasana syahdu. 

9. Lucunya anak kecil ini
Selalu ada hal menarik dan lucu bila ada anak kecil, seperti yang terjadi di masjid Jama di New Delhi, India ini. 


Seorang bayi ngotot untuk menggosokkan hidungnya kepada seorang gadis kecil berhijab yang sudah dikenalnya. Keduanya oleh orang tuanya memakai busana gamis untuk merayakan hari raya Idul Fitri. 

10. Satu kota melakukan salat
Hampir semua penduduk New Delhi pergi ke Masjid Jama untuk bersama-sama melakukan salat Ied. 


Masjid yang memang sangat besar dan luas ini menampung ribuan (atau bahkan ratusan ribu) jamaah pada hari Idul Fitri. Dari atap masjid, yang terlihat adalah lautan manusia yang melakukan salat. Ratusan burung pun terbang menghiasi langit di atas masjid.