Hari ini "14 Juni" Charles Babbage mengemukakan gagasannya tentang mesin hitung

Ditulis oleh: - -

Apa yang telah terjadi dalam sejarah tepatnya pada 14 Juni yang lampau :

1985 - Perjanjian Schengen ditandatangani oleh Belgia, Perancis, Luksemburg, Belanda, dan Jerman Barat untuk menghapuskan peng

1982 - Tentara Argentina menyerah kepada pasukan Inggris dalam Perang Falkland.

1965 - Nguyen Cao Ky menjadi Perdana Menteri Vietnam Selatan pada kepemimpinan junta militer, Jenderal Nguyen Van Thieu menjadi kepala negara boneka.

1940 - Sebanyak 728 tawanan politik Nazi dari Tarnów, Polandia, menjadi penghuni massal pertama kamp konsentrasi Auschwitz.

1940 - Pasukan Jerman memasuki kota Paris pada Perang Dunia II.

1913 - Pemerintah Hindia Belanda membentuk badan kepurbakalaan Oudheidkundige Dienst (biasa disingkat "OD"), untuk menangani candi-candi purbakala yang ditemukan di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) dengan lebih intensif.

1822 - Charles Babbage mengemukakan gagasannya tentang mesin hitung.

1779 - Pierre Méchain menemukan Galaksi Bunga Matahari.

1287 - Kubilai Khan mengalahkan kekuatan Nayan dan pangeran tradisionalis Borjigin lainnya di Mongolia Timur dan Manchuria.

1285 - Pasukan yang dipimpin oleh Pangeran Tran Quang Khai dari Dinasti Tran Vietnam menghancurkan sebagian besar Mongol menyerang armada angkatan laut dalam pertempuran di Chuong Duong.

1276 - Sementara menjalani pengasingan di Fuzhou di Cina selatan, jauh dari serbuan pasukan penyerang Mongol, sisa-sisa bangsawan Dinasti Song meneruskan upacara penobatan raja muda Zhao Shi, memberinya gelar Kaisar Duanzong Song.

Charles Babbage

Charles Babbage
Ia adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Charles Babbage lahir pada 26 Desember 1791 dan meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya, namun tidak selesai. Sekarang dapat dilihat di Museum Sains London. Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.

Kehidupan
Charles Babbage lahir di Inggris, kemungkinan besar di jalan Crosby Row no 44, Walworth Road, London. Ada beberapa pendapat tentang tanggal kelahiran Babbage. Obituari yang dimuat dalam harian The Times menyebutkan kelahirannya pada tanggal 26 Desember 1792. Namun beberapa hari kemudian seorang keponakan Babbage menulis bahwa Babbage sebenarnya dilahirkan setahun sebelumnya, pada 1791.Charles Babbage termasuk orang yang jahat, karena dia pernah maling uang di bank :D

Perancangan mesin komputer
Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.