Hari ini "13 Juni" Konfrontasi Indonesia-Malaysia

Ditulis oleh: - -

Apa yang terjadi dalam sejarah tepatnya pada 13 Juni yang lampau :

2008 - Pelantikan Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat masa bakti 2008-2013.

2006 - Nota kebijakan untuk memperkuat dan memperluas hubungan bilateral yang luas antara Belanda dan Indonesia ditandatangani oleh menteri luar negeri kedua negara saat itu, Hassan Wirajuda dari Indonesia dan Bernard Bot dari Belanda.

1964 - Konfrontasi Indonesia-Malaysia: Bentrokan besar antara gerilyawan Indonesia dan pasukan Malaysia di Sarawak, Borneo Britania.

1983 - Pioneer 10 melintasi orbit Neptunus dan menjadi benda buatan manusia pertama yang meninggalkan tata surya, walaupun belum melewati heliopause atau awan Oort.

1982 - Pembukaan Piala Dunia FIFA 1982.

1944 - V-1, peluru kendali pertama yang digunakan pada masa perang, dijatuhkan di London, Inggris.

1886 - Raja Ludwig II dari Bayern tenggelam di Danau Starnberg.

Konfrontasi Indonesia-Malaysia

Konfrontasi Indonesia-Malaysia
Lebih dikenal sebagai Konfrontasi saja yang merupakan sebuah perang mengenai masa depan Malaya, Brunei, Sabah dan Sarawak yang terjadi antara Federasi Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962 hingga 1966.

Perang ini berawal dari keinginan Federasi Malaya lebih dikenali sebagai Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961 untuk menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak kedalam Federasi Malaysia yang tidak sesuai dengan Persetujuan Manila. 

Nah, oleh karena itu Keinginan tersebut ditentang oleh Presiden Soekarno yang menganggap pembentukan Federasi Malaysia yang sekarang dikenal sebagai Malaysia sebagai "boneka Inggris" merupakan kolonialisme dan imperialisme dalam bentuk baru serta dukungan terhadap berbagai gangguan keamanan dalam negeri dan pemberontakan di Indonesia.