Tradisi Unik, Persembahkan Pesawat Mainan Untuk Para Dewa

Ditulis oleh: - -

Semakin banyak suku bangsa maka semakin banyak pula tradisi yang dimilikinya, Salah satu contoh ritual Unik di India yang dilakukan di kuil Sikh, setiap orang yang datang ke kuil ini akan mempersembahkan pesawat mainan yang mereka bawa.



Kuil Sikh yang letaknya berada di kota Punjab, India punya ritual unik untuk menghormati dewa mereka, para pengunjung kuil yang datang kesini akan mebawa pesawat mainan yang akan dipersembahkan kepada dewa mereka yakni dewa guru Sant Baba Nihal Singh Gurudwara. Tujuan mereka membawa dan mempersembahkan pesawat mainan ini adalah agar mereka bisa pergi dan menetap di negeri. Aneh ya?

Tidak diketahui sejak kapan tradisi unik memepersembahkan pesawat mainan ini mulai, namun bagi pemilik toko yang ada disekitar kuil tersebut tradisi ini membawa rejeki yang banyak untuk para pedagang pesawat mainan.
“Jika seseorang ingin pergi ke luar negeri mereka pasti datang berdoa di sini dan ini sudah menjadi tradisi. Namun, bagi kami ini adalah bisnis,” kata salah satu penjual pesawat mainan di Kuil Sikh.
“Melihat seseorang memegang pesawat berwarna-warni mungkin aneh bagi Anda. Namun bagi penduduk setempat ini sudah menjadi hal yang biasa,” tambahnya.
Karena banyaknya pengunjung yang datang membawa pesawat mainan terkadang pengelola kuil kesulitan untuk menyimpan mainan pesawat yang jumlahnya sudah teralau banyak. Manajemen kuil menyarankan untuk mendistribusikan mainan-mainan itu untuk anak-anak.
“Setidaknya anak-anak bisa bermain. Kita tidak bisa menghentikan persembahan orang-orang yang datang,” kata salah seorang juru bicara dari Kuil Sikh.