Apasih yang telah terjadi dalam sejarah tepatnya pada 17 Juni yang silam :
2011 - Peresmian Trans Studio Bandung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik.
2006 - Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 2005/2006 di Indonesia.
2000 - Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 1999/2000 di Indonesia.
1998 - Krisis Finansial Asia: Nilai kurs mata uang Rupiah Indonesia hampir menembus Rp 17.000,00 per dollar AS, kondisi ekonomi terburuk Indonesia dalam masa pemerintahan Orde Baru.
1995 - Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 1994/1995 di Indonesia.
1994 - Pembukaan Piala Dunia FIFA 1994.
1972 - Lima orang ditangkap dalam kasus penyadapan kantor Partai Demokrat AS di Hotel Watergate dalam kasus Skandal Watergate.
1970 - Edwin Land mempatenkan kamera Polaroid.
1967 - Republik Rakyat Cina melakukan uji coba bom hidrogen yang pertama kali di Lop Nur yang merupakan uji coba nuklir Tiongkok yang keenam kalinya.
1962 - Brasil menjadi juara Piala Dunia FIFA 1962, gelar juara untuk yang ke-2 kalinya.
1950 - Operasi transplantasi ginjal pertama kali dilakukan di Chicago dalam waktu 45 menit oleh Dr. Richard H. Lawler.
1947 - Maskapai penerbangan Pan Am melakukan penerbangan pertama mengelilingi dunia dengan pesawat penumpang dari kota New York yang menelan biaya 1.700 dolar AS.
1944 - Republik Islandia berdiri.
1939 - Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda (sekarang Indonesia) dengan luas awal 15,04 ha. Kemudian kawasan ini diperluas sehingga pada sekitar tahun 1960-an tercatat memiliki luas 1.344,62 ha.
1928 - Amelia Earhart, memulai penerbangan trans Atlantik dari Newfoundland menuju Wales.
1907 - Sisingamangaraja XII, pahlawan nasional Indonesia dari Sumatera Utara Meninggal Dunia (lahir di Bakara, 18 Februari 1845 – meninggal di Dairi, 17 Juni 1907 pada umur 62 tahun).
1885 - Patung Liberty tiba di kota New York dengan menggunakan kapal laut dari Perancis, Isere.
1864 - Pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa (dan Hindia-Belanda, kelak Indonesia) diresmikan oleh Gubernur Jenderal Sloet van de Beele.
1775 - Revolusi Amerika: Pasukan Inggris memenangkan pertempuran Bunker Hill, dekat Boston.
Kereta api
Seperti yang telah kita ketahui kereta api merupakan sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan atau pun sedang bergerak di rel.
Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya).
Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
Sejarah
Kereta api di Stasiun Gambir.
Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum.
George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap.
Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.