Bahaya Yang Mengintai Dibalik Terapi Ikan Fish Spa

Ditulis oleh: - -

Selama ini apakah anda pernah mendengar spa ikan? Atau anda sudah pernah menjalani terapi spa ikan? Spa ikan ini masih tergolong jarang untuk negara Indonesia. Akan tetapi, kebiasaaan spa ikan yang semula berasal dari Turki dan Cina ini sudah mulai bergerak ke Indonesia juga, terutama di Jakarta.


Apa Itu Terapi Fish Spa (Spa Ikan)?
Spa ikan merupakan spa yang menggunakan ikan Garra Rufa yang diimpor dari Turki karena memang ikan tersebut hanya ada di negara Turki. Ikan ini dimasukkan ke dalam kolam yang berisi air bening dan selanjutnya kaki pengunjung diminta untuk direndam pada kolam tersebut. Ikan Garra Rufa dengan lincah nya akan berkeliaran di sekitar kaki pengunjung. 

Sedangkan manfaat spa ikan adalah membuat kaki menjadi mulus dan bersih sebab ikan tersebut mampu memakan sel-sel kulit mati di permukaan kaki, membunuh parasit serta kuman yang terdapat di kaki. Setelah melakukan terapi spa ini selama 20 menit, kaki akan menjadi halus karena bagian-bagian kulit kaki yang kasar sudah dimakan oleh ikan-ikan tersebut. Akan tetapi, terapi ikan ini ternyata memiliki resiko yang sangat serius.

Bahaya Melakukan Spa Ikan
Walau spa ikan sudah terkenal memiliki khasiat yang menakjubkan karena dapat membuat kaki menjadi mulus seketika, tapi anda juga perlu mempertimbangkan resiko dibalik perawatan spa yang satu ini. Terapi spa ikan memiliki resiko terlular penyakit, yang paling berisiko adalah tertular penyakit HIV dan Hepatitis C. 

Meskipun resiko terjadinya tergolong rendah, namun resiko ini hendaknya tidak diabaikan juga. Penularan penyakit bisa terjadi karena bakteri yang dipindahkan oleh ikan-ikan dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya jika airnya tidak diganti. Apalagi jika salah satu pengunjung tersebut mengidap penyakit HIV atau hepatitis dan mengalami perdarahan di dalam air, penyakit tersebut dapat tertular kepada orang lain yang menggunakan air yang sama. Orang yang kekebalan tubuhnya lemah akan sangat gampang tertular.  

Untuk itu, pihak konsultan dari Health Protection Agency (HPA) menyarankan agar salon spa yang menyediakan layanan ini menjaga air selalu higienitas dan juga memastikan kondisi kesehatan para pengunjungnya untuk mencegah terjadinya resiko penularan penyakit serius. Salon spa wajib memastikan pengunjung yang melakukan spa ikan tidak sedang mengalami luka yang terbuka atau penyakit kulit apapun dan memastikan pula air yang digunakan selalu diganti hanya untuk sekali pakai saja.

Sebaiknya, mengingat resiko yang dikhawatirkan tersebut, sebelum anda memutuskan akan melakukan perawatan spa ikan, terlebih dahulu anda memastikan bahwa salon kecantikan yang akan anda kunjungi berstandar tinggi dan terbukti kualitas serta terjamin.