7 Tips Untuk Mengetahui Gejala Awal Penyakit Kuning

Ditulis oleh: - -

Biasanya penyakit kuning ditandai dengan gejala perubahan warna kulit menjadi kuning, penyakit kuning sendiri biasa juga disebut sebagai jaundis. Penyakit kuning bisa menyerang siapa saja sehingga sebelum penyakit kuning menjadi parah ada baiknya kamu mengenali gejala-gejala awal dari penyakit kuning, sehingga pengobatan yang cepat dan tepat bisa membuat kamu menjadi lebih cepat sembuh dari penyakit kuning. 

7 Tips Untuk Mengetahui Gejala Awal Penyakit Kuning

Penyebab penyakit kuning sendiri dikarenakan peningkatan bilirubin pada tubuh manusia yang bercampur bersama darah dan urine sehingga membuat tubuh kamu menjadi kuning. 

Nah berikut ini ada beberapa tanda dan gejala penyakit kuning yang sebaiknya harus kamu ketahui mau tahu apa aja itu simak 7 gejala awal penyakit kuning yang harus diketahui berikut ini. 

1. Kulit dan mata kuning 
Orang yang terkena penyakit kuning biasa mata dan kulitnya juga ikut kuning maka penyakit ini disebut sebagai penyakit kuning, namun bagi orang yang punya kulit gelap biasa warna kuning tidak akan terlihat. 

2. Urine kuning 
Biasa orang yang mengalami penyakit kuning pasti air kencingnya juga berwarna kuning namun sayangnya banyak orang yang mengabaikan hal ini karena dianggap biasa terjadi.

3. Demam dan suhu tinggi 
Apabila kamu mengalami demam dengan suhu tinggi dan badan kamu berubah warna menjadi kuning ini sudah pasti jika kamu sedang mengidap sakit kuning segera pergi ke Dokter untuk mendapatkan pengobatan. Nah itulah beberapa tanda dan gejala sakit kuning yang harus kamu ketahui agar sakit kuning tidak semakin parah dan akhirnya mengancam jiwa kamu.

4. Kehilangan nafsu makan 
Gejala sakit kuning yang sering terjadi adalah hilangnya nafsu makan, sehingga kamu tidak selera makan jika nafsu makan hilang disertai mual cobalah periksa ke dokter. 

5. Muntah 
Biasanya muntah dapat terjadi karena berbagai alasan. Namun, jika kamu mengalami mual atau muntah disaat adanya epidemi hepatitis di sekitar kamu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

6. Nyeri perut 
Nyeri di sisi kanan perut, tepat di bawah tulang rusuk dan tersambung hingga ke punggung bagian atas, bisa menjadi indikasi penyakit kuning karena kerusakan sel hati atau batu empedu. 

7. Nyeri sendi 
Penyakit kuning biasa juga diawali dari nyeri sendi yang terjadi jika hal ini terjadi dengan gejala lain sakit kuning segera berobat ke dokter.