Batu Meteor Ditemukan Oleh Petani Diduga Telah Berusia Lebih dari 1 Miliar Tahun

Ditulis oleh: - -

Baru-baru ini seorang petani telah berhasil menemukan meteorit berusia lebih dari 1 miliar tahun. Diperkirakan meteor tersebut jatuh ke bumi ketika bumi masih berusia sangat muda.

Batu Meteor Ditemukan Oleh Petani Diduga Telah Berusia Lebih dari 1 Miliar Tahun

Selama ribuan tahun yang lalu, menurut penjelasan para ahli, sejak bumi terbentuk, planet ini sering kali mendapat 'bingkisan' dari angkasa berupa meteorit atau juga asteroid dengan berbagai bentuk. 

Bruce Lillenthal, seorang petani dari Arlington, Minnesota, tanpa sengaja menemukan sebuah batu sebesar bayi sekitar dua tahun lalu. Sejak menemukannya, Bruce memang tidak secara langsung mempublikasikannya. Dia menyimpannya di rumah.

Akan tetapi, akhirnya dia berpikiran untuk membawa batu itu ke ahli meteorit di University of Minnesota. 
"Saya tidak mengetahui batu apa itu awalnya. Pertama kali saya temukan, batu itu hanya nampak sebagian saja muncul ke permukaan dan bagian lainnya menancap di dalam tanah," jelas Bruce.
"Setelah melihat-lihat lebih lanjut, saya dan istri saja, Nelva, memperkirakan bahwa batu itu adalah sebuah meteorit," lanjutnya. Dikutip dari Metro (22/06).
Namun ternyata perkiraan Bruce dan istrinya tidak meleset. Setelah membawa meteorit itu ke ahlinya, Profesor Calvin Alexander dari universitas tersebut mengatakan bahwa usia batu angkasa tersebut diperkirakan lebih dari 1 miliar tahun.