Masjid Anggun Dengan Usia Paling Tertua Yang Ada di Cina

Ditulis oleh: - -

Apakah kamu tahu jika di kota Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong terdapat sebuah masjid paling tua di Cina, yaitu Masjid Abi Waqqas. Sebuah masjid dengan gaya arsitektur khas Cina berdiri dengan anggun. Akan tetapi, yang menjadi pusat perhatian di tempat ini adalah makam Saad bin Abi Waqqas, yang diyakini oleh warga sebagai paman dari Nabi Muhammad SAW. Sementara Abi Waqqas sendiri merupakan penyebar Islam pertama di Cina.

Masjid Anggun Dengan Usia Paling Tertua Yang Ada di Cina

Acap kali, makam Abi Waqqas ini dikunjungi oleh warga muslim dari berbagai negara, terutama dari Timur Tengah. Karena, Abi Waqqas ini diyakini masuk ke Cina pada 640 Masehi atau 8 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Namun, ada juga data yang menyebutkan bahwa ia datang ke Cina saat Nabi Muhammad masih hidup.

Adapun masjid lainnya di Guangzhou yang memiliki nilai sejarah adalah Masjid Huaisheng. Masjid yang berusia sekitar 1.300 tahun ini juga merupakan masjid tertua di Cina dan dibangun sebagai penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW. Arsitekturnya perpaduan gaya Timur Tengah dan gaya tradisional Suku Han.

Sebenarnya masjid yang terletak di Guangta Road ini pernah dibangun kembali pada masa Dinasti Yuan dan Dinasti Ming. Dan saat ini, masjid unik ini menjadi tempat persinggahan warga muslim di Guangzhou. Bahkan, masjid ini juga seringkali dikunjungi oleh warga muslim dari berbagai negara.