Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Ditulis oleh: - -

Pepaya dengan nama latin Caricapapaya merupakan salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan penuh nutrisi. Pepaya membutuhkan suhu rendah untuk pertumbuhan dan sangat cocok di daerah tropis, karena itu populasi pohon pepaya sangat banyak di negara kita. Sehari-hari kita pasti dengan mudah mendapatkan buah pepaya.

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Biasanya buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. 

Tak jarang pula pepaya dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya

Ciri ciri pepaya
Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5-10 meter dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daun nya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap atau pun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanamanbetina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanamanbanci.

Adapun manfaat dan khasiat pepaya adalah :

Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan
Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker
Mengatasi Gangguan Pencernaan