5 Tips Untuk Memecat Karyawan Dengan Cara Baik-baik

Ditulis oleh: - -
Paling Uniks — Khususnya bagi pimpinan, memecat seorang karyawan merupakan salah satu hal yang cukup berat. Mereka harus siap melihat kekecewaan atau protes dari karyawan. Tapi pemecatan terkadang harus dilakukan karena berbagai alasan. Agar pemecatan karyawan berlangsung dengan damai dan lancar, ikuti tips seperti di bawah ini.

5 Tips Untuk Memecat Karyawan Dengan Cara Baik-baik

1. Gunakan kalimat yang baik
Karyawan mana yang tidak sedih jika dipecat. Oleh karena itu gunakan kalimat yang baik agar mereka tidak terlalu down mendengar keputusan Anda. Dan bisa menerima pemecatan dengan hati yang lapang.

2. Bersiaplah untuk sejumlah pertanyaan
Saat karyawan mengetahui bahwa dia akan dipecat, tentu dia akan mengajukan sejumlah pertanyaan. Anda harus siap dengan pertanyaan tersebut dan beri jawaban yang logis.

3. Yakin dengan keputusan itu
Sebelum memanggil karyawan untuk Anda pecat, Anda harus yakin kenapa Anda memecat dia. Hal itu akan memperjelas ketika karyawan menanyakan alasan mengapa dirinya di pecat. Jika jawaban Anda tidak tepat, maka Anda bisa dianggap pemimpin yang semena-mena.

4. Hargai dengan apa yang telah dia lakukan
Anda harus menghargai apa yang telah dia lakukan pada perusahaan. Bicara tentang kualitas mereka dan mengakhiri percakapan dengan nada penuh harapan. Ini akan membantu orang merasa cukup percaya diri untuk mencoba tangan nya pada pekerjaan lain tanpa merasa hancur atau kehilangan motivasi.

5. Katakan dengan singkat dan jelas
Jangan bertele-tele saat memberi penjelasan soal pemecatan karyawan. Hal tersebut dapat membuat Anda ragu atau membingungkan karyawan. Katakan dengan jelas dan singkat.

Sebaiknya lakukan pemecatan dengan baik agar hubungan antara karyawan dan pimpinan masih berjalan baik meski sudah tidak memiliki hubungan profesional.  

0 komentar "5 Tips Untuk Memecat Karyawan Dengan Cara Baik-baik", Baca atau Masukkan Komentar